Sunday, April 6, 2008

Mutiara Hidup dan Kehidupan


Dunia adalah sebuah kehidupan yang didalamnya terdapat kehidupan yang tertulis perjuangan hidup yang telah dijalaninya ada yang baik, jujur dan bahagia dan ada pula yang jatuh, melarat dan sengsara. Bagi orang arif alam ini untuk menjadi guru buat mengambil pelajaran, yang paling penting dalam kehidupan bukan menikmati keuntungan yang telah anda peloreh, sebab orang bodoh pun bisa melakukan nya. Yang benar-benar paling penting ialah bagaimana caranya mengambil keuntungan dari kerugian anda. Untuk itu diperlukan kecerdasan. Dan kecerdasan inilah yang paling penting sebab membedakan antara orang yang cerdas dengan orang yang dungu. Wahai sahabat koe.......! apa yang tengah anda cari dari kehidupan ini apakah kemewahan, kedudukan, jabatan, pangkat atau yang lainnya yang membuat anda bangga akan diri anda.....! tapi perlu aku ingatkan kepada moe itu semua tidak penting karena yang paling penting adalah bagaimana anda menghargai hidup ini.

Wahai sahabat koe...! kehidupan ini bukan diukur oleh waktu dimana kita hidup karena hidup yang berarti itu adalah serentetan kesulitan dan persoalan, yang harus dicari jalan pemecahannya, kesulitan adalah batu asahan kehidupan, setiap puncak kalir dicapai dengan jalan mengatasi kesulitan-kesulitan. Yang paling penting dan kita butuhkan dalam kehidupan adalah dimana ada seseorang yang selalu memberi semangat untuk melaksanakan hal-hal yang dapat kita kerjakan dan adalah suatu kesalahan untuk membiarkan kehidupan ini menjadi rumit. Kehidupan sebenarnya sangatlah sederhana dan hanya dengan memikirkannya secara positif , ia akan dapat dikuasai. Memang kita menyadari kehidupan terkadang susah untuk kita tebak karena kehidupan bukanlah kuis atau lotre, kehidupan adalah sesuatu hal dimana dalam kehidupan ini ada realita yang harus kita jalani karena menjalani kehidupan ini tidak segampang yang diperkirakan.
Wahai sahabat koe...! ingin aku menyampaikan kepada moe kejarlah apa yang tengan anda inginkan dan anda harapkan tetapi anda harus ingat hidup tidaklah akan kekal karena suatu saat kita pasti dipanggil oleh sang pencipta dan kita harus rela melepaskan itu semua.
Harta, jabatan, pangkat atau pun seseorang yang memang kamu sayangi dan kamu cintai hanya satu yang anda akan bawa adalah amal baik dan amal buruk moe...! sebelum hal ini terjadi maka kamu harus bisa mana yang sebenarnya anda pantas lakukan dan kerjakan untuk bekal anda kelak nanti.
Wahai sahabat koe....! roda hidup di dunia berputar terus, tak ada yang tetap; hari ini duka, besok suka hari ini bergembira, besok menderita. Dalam pergolakan dunia kalau kita teledor kita jatuh, janganlah dunia disalahkan tetapi periksalah apa sebab kita jatuh berarti kita lupa akan putaran roda tadi, ketika ada riang gembira karena putaran roda dunia, lupa dan memikirkan bahwa di belakang riang gembira, akan datang pula duka derita.
Wahai sahabat koe....! jangan lah anda salah jalan karena kelak penderitaan dan kesengsaraan yang akan anda dapat dari keselahan itu, tetapi sebaliknya kalau anda benar jalan maka kebahagian dan kesenangan yang akan anda dapatkan kelak nanti....! campan itu wahai sahabat koe.

0 komentar:

Post a Comment

Yang Baru Cuap-Cuap